Mendesain Kelas Interaktif dengan Metode Gamifikasi

Gamifikasi adalah penggunaan elemen-elemen permainan dalam konteks non-permainan, seperti dalam pembelajaran. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, partisipasi, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Gamifikasi memberikan manfaat yang positif dalam bidang pendidikan yaitu  peningkatan  motivasi  dan  keterlibatan  mahasiswa  dalam  aktivitas  pembelajaran. Manfaat  positif  tersebut  menjadi  daya  tarik  untuk  menjadikan  gamifikasi  menjadi  salah  satu pilihan  dalam  menjalankan  proses  belajar  mengajar. Selain menciptakan pembelajaran yang interaktif dan aktif juga pembelajaran terasa menyenangkan baik untuk peserta didik maupun guru. Hal ini dibuktikan  melalui  media game  edukasi classpoint dapat  meningkatkan  keaktifan  peserta  didik  karena dalam   pelaksanaanya   seolah-olah   membawa   aktivitas   multi   permainan   dan   membuat pembelajaran  lebih  interaktif  yang unik dan menyenangkan.

High Tech Teacher Indonesia sebagai pelopor kemajuan digitalisasi di Indonesia, yang sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan besar nasional maupun go internasional memberikan informasi kepada para pengguna jasa HTTID. Classpoint merupakan salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan Microsoft Powerpoint. Pada kesempatan kali ini Hight Tech Teacher Indonesia akan memperkenalkan salah satu aplikasi interaktif yaitu Classpoint yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran melalui video pembelajaran dan pembuatan kuis yang menarik peserta didik.

Dengan adanya Classpoint diharapkan peserta didik aktif dalam belajar, karena sejatinya keberhasilan kegiatan pembelajaran dilihat dari aktifitas peserta didik didalam kelas. Keaktifan dalam belajar adalah  kegiatan  yang  bersifat  fisik  maupun  mental,  yaitu  berbuat  dan  berpikir  sebagai  suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Pembelajaran yang berkualitas adalah terlibatnya peserta didik secara aktif dalam pembelajaran, seperti kerjasama, mencari informasi dari berbagai sumber, hubungan sosial, mengemukakan pendapat/ide, pemecahan masalah serta hal lainnya.

Manfaat yang diberikan dengan aplikasi ini dapat meningkatkan engagement antara siswa dengan materi pelajaran. Dengan Classpoint ini, guru juga bisa membuat kuis yang menarik, dan juga membuat coretan-coretan layaknya menulis di papan tulis. Keunggulan  lainnya  adalah  media  presentasi  classpoint  memiliki  fitur  yang  memungkinkan peserta didik melakukan tanya jawab dengan bermacam tampilan yang menarik, diantaranya adalah bentuk  multiple  choise,  word  cloud,  short  answer,  slide  drawing,  image  upload  dan  whiteboard background.  Dengan  berbagai  macam  fitur  ini,  dimungkinkan  untuk  dapat  melakukan  beragam kegiatan, seperti ice breaking menggunakan slide drawing, pengumpulan contoh gambar dengan menggunakan image upload dan lain-lain. Keuntungan ketiga adalah pembelajaran menggunakan media  presentasi  classpoint  membantu  peserta  didik  lebih  fokus  pada  materi  yang  sedang didiskusikan  atau  di  jelaskan.  Selain  itu,  pembelajaran  melalui  media  presentasi  classpoint  juga sangat membantu dalam merekam proses pembelajaran dan penilaian, karena semua respon yang diberikan  oleh  siswa,  terdata  secara  otomatis  dan  disertai  lengkap  dengan  informasi  nama  yang memberikan jawaban.

Leave a Comment