Screencast adalah rekaman video digital yang menunjukkan aktivitas layar, seperti pergerakan mouse dan klik, disertai dengan komentar audio yang menjelaskan proses tersebut. Screencast dapat secara visual mengarahkan siswa tentang apa yang seharusnya terlihat di layar, tempat mengklik, memilih, dan mengetik. Narasi audio yang disertakan membantu menjaga minat siswa selama menonton. Selain itu, screencast memberikan peluang baru untuk memperkaya pengajaran dan pengalaman belajar, terutama di perguruan tinggi.
Penggunaan screencast sebagai bahan ajar sangat penting, terutama dalam mempelajari penggunaan aplikasi software tertentu. Screencast mampu menyampaikan informasi dengan efektif seperti dalam perkuliahan dan berfungsi sebagai sumber daya tambahan yang berguna untuk pembelajaran software secara mandiri. Penelitian menunjukkan bahwa screencast sangat berguna sebagai media pelengkap dalam mempelajari software database.
Kelebihan screencast sebagai media pembelajaran antara lain membuat proses belajar lebih menyenangkan, mendukung pembelajaran mandiri, mengatasi batasan ruang dan waktu, menambah pengalaman belajar dengan fitur multimedia, biaya produksi yang terjangkau dan kemudahan penggunaan, serta memungkinkan pengguna mengontrol penayangan media (mempercepat, memperlambat, jeda, dan memutar ulang). Screencast juga lebih efektif dalam membantu pemahaman software dibandingkan media cetak konvensional dan memfasilitasi pembelajaran materi yang kompleks dan prosedural.
Screencast menawarkan berbagai manfaat signifikan dalam konteks pendidikan, terutama di perguruan tinggi. Dengan fitur-fitur seperti rekaman aktivitas layar, komentar audio, dan kemampuan untuk mengontrol penayangan, screencast mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Keunggulan dalam mendukung pembelajaran mandiri, mengatasi batasan ruang dan waktu, serta biaya produksi yang terjangkau menjadikan screencast sebagai alat pembelajaran yang sangat efektif. Lebih dari itu, screencast mempermudah pemahaman materi yang kompleks dan prosedural, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran software. Oleh karena itu, integrasi screencast dalam proses belajar mengajar dapat memperkaya metode pengajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh bagi para siswa.

Leave a Comment