Membuka Pintu Gerbang Pemahaman Matematika: Euclidean Voice untuk Pendidikan Inklusif Anak Tunanetra

 

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) mengamanatkan pendidikan sebagai usaha berkelanjutan dan terencana untuk mengembangkan potensi individu secara menyeluruh, termasuk bagi penyandang disabilitas. Hak memperoleh pendidikan dijamin bagi seluruh warga negara, termasuk anak tunanetra. Data menunjukkan masih banyak anak tunanetra yang belum atau tidak dapat mengakses pendidikan, dengan persentase yang jauh lebih rendah dibandingkan anak non-disabilitas. Hal ini diperparah dengan keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan yang inklusif, termasuk untuk pembelajaran matematika bagi penyandang tunanetra.

Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus adalah penyandang tunanetra. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tunanetra berarti tidak dapat melihat, buta. Hal ini dapat dikatakan penyandang tunanetra yaitu seseorang yang memiliki gangguan atau hambatan dalam indra penglihatan. Anak yang memiliki gangguan penglihatan tentunya memerlukan layanan khusus dalam mengenyam pendidikan. Namun nyatanya persentase penduduk usia 5 tahun ke atas penyandang disabilitas yang masih sekolah hanya 5,48%. Persentase tersebut jauh dari penduduk non-disabilitas yang mencapai 25,83%.

Aplikasi Euclidean Voice dirancang untuk membantu siswa tunanetra belajar matematika dengan cara memvisualisasikan materi melalui suara. Pengguna dapat mengontrol aplikasi dengan perintah suara untuk menyelesaikan soal matematika.

Aplikasi ini menawarkan beberapa keuntungan bagi siswa tunanetra:
• Memvisualisasikan materi: Suara yang didengar dapat diubah menjadi gambaran mental oleh siswa, membantu mereka memahami konsep matematika.
• Alternatif bagi pengguna non-Braille: Penggunaan suara menjadi solusi bagi siswa yang tidak dapat menggunakan Braille.
• Meningkatkan kemandirian: Siswa tidak perlu selalu didampingi guru khusus pendamping (GKP) untuk belajar, sehingga lebih mandiri dan efisien.
• Hemat waktu dan biaya: Penggunaan aplikasi menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mendatangkan GKP.

Euclidean Voice terbukti efektif dan efisien dalam membantu siswa tunanetra belajar matematika dan meningkatkan kemandirian mereka dalam belajar.

Leave a Comment