Onboarding Magang Guru #Batch 1 – Siap Berkembang di Era Kurikulum Merdeka

PT Indonesia Cakap Digital yang memiliki nama brand High Tech Teacher Indonesia (HTTID) merupakan platform sekaligus forum yang mewadahi pendidik, tenaga pendidik, maupun calon pendidik dalam percepatan digitalisasi pendidikan di Indonesia. Di era perubahan kurikulum yang digunakan dalam instansi pendidikan, mendorong pendidik ahli dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis proyek interaktif. Hal ini membuat sebagian pendidik risau dan kesulitan dalam pembelajaran.

HTTID melakukan kerja sama dengan sekolah kejuruan di Indonesia, diantaranya SMK Negeri 1 Turen dan SMK Krian 2 Sidoarjo. Dalam kerjasama ini terdapat poin untuk melakukan Magang Guru. Pada hari Jumat tanggal 2 September 2022, HTTID bersama pendidik yang mengikuti “Magang Guru” melaksanakan kegiatan Onboarding. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh banyak pihak diantaranya Lovandri Dwanda Putra, M.Pd., selaku CEO dan Founder High Tech Teacher Indonesia, Afrimadoni selaku CO-Founder dan CTO, Filianti selaku Account Executive, Gusmiar Edy C selaku IT Support, dan seluruh Super Team dari HTTID. Selain itu para pendidik hebat dari SMK juga ikut hadir di dalam kegiatan Jumat malam tersebut, diantaranya Lilik Yulaika (SMKN 1 Turen), Umi Solikah (SMKN 1 Turen), Didiek Efendi (SMKN 1 Turen), dan Stevani Rozalia (SMK Krian 2 Sidoarjo).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Filianti, dalam pembukaan menyampaikan susunan acara. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Lovandri Dwanda Putra, dan dilanjutkan oleh Afrimadoni. Dalam sambutan ini menyampaikan ucapan selamat bergabung kepada HTTID dan penjelasan singkat terkait profil perusahaan. Setelah sambutan langsung disusul dengan perkenalan. Perkenalan pertama dimulai dari internal tim HTTID, dan selanjutnya oleh pendidik dari SMK yang tergabung dalam Guru Magang.

Setelah perkenalan, kegiatan selanjutnya yaitu presentasi yang disampaikan oleh Super Team HTTID yang diwakilkan oleh Vio Ratna dan Leyana Candrika. Dalam presentasi ini memaparkan perkenalan singkat terkait profil perusahan, misi yang dijunjung perusahaan, penjelasan terkait remote working, profil tim, menjelaskan kegiatan yang ada di HTTID diantaranya EdTech Webinar, Special Class, dan In House Training, dan yang terakhir yaitu Workflow yang dilakukan dalam perusahaan. Dan diakhir kegiatan nanti akan disampaikan dan dijelaskan terkait sistematika kurikulum merdeka.

Setelah presentasi yang dipaparkan oleh tim Business Development, kegiatan yang terakhir yakni tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab ini Stevani Rozalia dari SMK Krian 2 Sidoarjo menyampaikan pertanyaan terkait bagaimana menjalin kerjasama antar tim, karena diketahui pekerjaan yang dilakukan HTTID adalah Remote Working dan berkaitan antara satu sama lain. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh tim HTTID. Jadi memang dalam perusahaan HTTID menjunjung tinggi terkait kepercayaan antara perorangan, saling menghargai satu sama lain, bertanggung jawab atas pekerjaan yang dikerjakan, dan mengkomunikasikan apapun terkait permasalahan yang dihadapi. Hal tersebut merupakan satu kesatuan yang dipegang dalam HTTID. 

Berikut merupakan dokumentasi Onboarding Magang Guru di HTTID. Bisa cek pada postingan Instagram kami.

Leave a Comment