High Tech Teacher Indonesia Kolaborasi dengan ClassPoint untuk Cetak ClassPoint School Coach

High Tech Teacher Indonesia sebagai forum sekaligus platform bagi para pendidik di Indonesia berkolaborasi dengan ClassPoint yang merupakan edtech start-up dari Singapore untuk menciptakan pendidikan di Indonesia yang berkualitas. Hal ini, salah satunya dilakukan melalui kegiatan Training of Trainers (ToT) ClassPoint

ClassPoint merupakan alat kuis pengajaran dan kelas interaktif terintegrasi yang dirancang untuk setiap pendidik yang menggunakan Microsoft PowerPoint (sumber: www.classpoint.io). Hal ini memungkinkan pendidik untuk dengan cepat mengubah slide presentasi mereka menjadi kuis interaktif, menjalankan kuis dengan peserta didik, mengumpulkan tanggapan langsung peserta didik, menilai tugas peserta didik, hingga menyimpan data.

Kegiatan ToT ClassPoint Indonesia X High Tech Teacher Indonesia terselenggara secara synchronous pada Jumat & Minggu, 18 & 20 Maret 2022 melalui virtual meeting. Selain itu juga dilakukan melalui asynchronous mulai tanggal 21 – 25 Maret 2022 melalui diskusi di Grup WhatsApp dan kelas Google Classroom. Instruktur ToT ini adalah Bapak Suhardy Amir dari SMAN 3 Tanjung Jabung Timur yang merupakan seorang ClassPoint Certified Trainer Indonesia.

Melalui kegiatan ToT ClassPoint ini, peserta yang lulus akan mendapatkan kredensial ClassPoint School Coach. Terdapat dua tugas yang harus dilakukan untuk mendapatkan kredensial sebagai ClassPoint School Coach, pertama peserta harus membuat media pembelajaran dengan ClassPoint serta mengimplementasikannya pada pembelajaran di kelas. Kedua, peserta harus melakukan kegiatan diseminasi atau pengimbasan ClassPoint kepada para pendidik, baik di sekolahnya maupun di luar sekolahnya.

ToT ClassPoint Indonesia yang difasilitasi oleh High Tech Teacher Indonesia ini terhitung berhasil, dapat dilihat dari ada sekitar 60 peserta dari kalangan pendidik di seluruh Indonesia yang bergabung. Peserta sangat antusias dalam mengikuti ToT ClassPoint, hal ini dapat dibuktikan dari aktifnya forum diskusi. Di sisi lain, meski saat ini masih dalam proses pembimbingan asynchronous sampai tanggal 25 Maret 2022, peserta sudah banyak yang mulai melakukan kegiatan pengimbasan dari ToT ClassPoint ini.

Terima kasih Bapak/Ibu Guru Hebat, telah menginvestasikan waktunya untuk mempelajari ClassPoint, agar mampu menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas untuk peserta didik Gen Z!

https://www.instagram.com/p/CbYufvHv4xL/

Leave a Comment