Era digitalisasi telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam kehidupan manusia dari berbagai sector, salah satunya dalam dunia pendidikan. Peningkatan keterampilan menulis dalam bahasa asing melalui teknologi menjadi solusi yang dapat mendukung dan mepercepat proses pembelajaran. Salah satunya teknologi yang telah menjadi perbincangan di kalangan pendidik adalah Grammarly Tools.


APA ITU GRAMMARLY TOOLS ?
Gramarly Tools merupakan website yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam menulis bahasa Inggris menjadi lebih efektif sesuai dengan tata bahasa Inggris dan efisien. Tools ini menawarkan kemampuan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan bahasa, ejaan, dan gaya kepenulisan secara otomatis.


BAGAIMANA CARA PENGGUNAANYA?
Grammarly Tools memiliki kemampuan untuk memperbaiki ejaan yang tidak sesuai tata bahasa Inggris. Berikut cara menggunakan Grammarly Tools:
1. Membuat akun
Langkah pertama adalah membuat akun secara gratis dengan log in melalui email kita.
2. Mulailah menulis
Setelah log in kita diarahkan ke mulailah menulis teks baru di program pengolahan kata dalam kotak teks Grammarly yang telah di sediakan. Tidak hanya menulis, kita juga dapat menyalin teks yang sudah ada ke dalam kotak Grammarly untuk diperiksa sesuai tata bahasa Inggris yang baik dan benar.
3. Memperbaiki kesalahan
Setelah mengisi kotak teks grammarly maka akan muncul garis dibawah kata yang salah sehingga dapat diperbaiki dan memilih saran koreksi yang diberikan oleh Grammarly dengan mengklik tombol yang sesuai.
Dengan menggunakan grammarly tools maka siswa dapat berlatih memperbaiki kosa kata yang sesuai dengan kaidah tata bahasa Inggris yang baik dan benar. Namun, grammarly ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.


KELEBIHAN GRAMMARLY
1. Membantu mendeteksi dan memperbaiki berbagai jenis kesalahan
Grammarly dapat mendeteksi berbagai jenis kesalahan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan gaya penulisan. Grammarly tidak hanya menunjukkan kesalahan, tetapi juga memberikan penjelasan dan saran perbaikan yang mudah dipahami.
2. Terintegrasi dengan berbagai platform
Grammarly dapat digunakan di berbagai platform, seperti Microsoft Word, Google Docs, browser web, dan perangkat mobile.
3. Membantu meningkatkan kualitas tulisan dalam bahasa Inggris
Dengan menggunakan Grammarly, tulisan kita dalam bahasa Inggris dapat menjadi lebih professional
4. Tersedia versi gratis
Grammarly memiliki versi gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja.


KEKURANGAN GRAMMARLY
1. Versi gratis memiliki fitur yang terbatas
Versi gratis Grammarly hanya dapat mendeteksi beberapa jenis kesalahan
2. Hanya tersedia untuk bahasa Inggris
Grammarly hanya tersedia untuk bahasa Inggris tidak bahasa asing lainnya.


KESIMPULAN
Dalam era digitalisasi yang berkembang pesat, peningkatan keterampilan menulis dalam bahasa asing menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam dunia pendidikan. Grammarly Tools adalah salah satu teknologi yang dirancang khusus untuk membantu pengguna meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris mereka dengan efektif dan efisien.

Leave a Comment